Breaking News
Loading...

Profil Alia Noor Anoviar (CEO dan Founder DREAMDELION)



Alia Noor Anoviar merupakan mahasiswi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Selama masa pendidikannya di bangku kuliah, dia mendapatkan full scholarship ‘Beasiswa Unggulan CIMB Niaga’. Dia menjadi salah satu delegasi Indonesia dalam pertukaran mahasiswa ‘MIT SEAMEO Exchange Study Program’ selama 4 bulan (Februari s/d Mei 2012) pada jurusan International Business, Mahidol University International College, Thailand. Berbagai prestasi di bidang jurnalistik dan kompetisi ekonomi dan akuntansi didapatkan Alia sejak tahun 2008 semasa duduk di bangku SMA. Tulisannya telah dimuat di berbagai media baik cetak maupun elektronik, selain itu juga diterbitkan dalam bentuk buku, kumpulan esai, dan jurnal ilmiah. Berkat ketekunannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikannya apresiasi berupa ‘Penerima Beasiswa Unggulan dengan Prestasi Penelitian Terbaik Jenjang S1’ pada November, 2012. 

Melakukan segala sesuatu dengan passion merupakan hal yang menjadi prinsip hidupnya. Ketertarikan mempelajari kehidupan sosial masyarakat membuatnya bersama rekan-rekan tergugah untuk mendirikan sebuah bisnis sosial bernama Dreamdelion yang pada awalnya fokus pada pengembangan komunitas marginal di Manggarai, Jakarta Selatan. Atas komitmen dan kontribusinya terhadap masyarakat, Ashoka Foundation menganugerahkan predikat Young Change Makers Ashoka Indonesia 2012 dan juga terpilih sebagai The Most Innovative Business Idea 2012 dalam ELD Awards.

Padatnya aktivitas tidak membuat gadis kelahiran Surabaya, 13 Agustus 1991 lalu ini melalaikan kewajibannya secara akademis. Alia menekuni konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di FEUI dengan IPK 3,87 (skala 4,00). Cita-citanya adalah menjadi seorang banker dan wirausaha sosial, serta berkiprah untuk memajukan kehidupan perempuan di Indonesia. Dia berkeinginan melanjutkan studi S2 di University of Birmingham, UK, dalam bidang industrial relationship. Guna mencapai work life balance, dia mengisi waktu luangnya dengan membaca novel atau buku-buku inspiratif, travelling, atau berenang. Masih banyak hal yang ingin dicapainya bersama rekan-rekan, terutama membahagiakan keluarga dan membuat perubahan positif yang semakin luas terhadap masyarakat marginal yang seringkali dipandang sebelah mata. 


Dreamdelion Menyebar Semangat Berbagi 
Melalui Bisnis Sosial


Dreamdelion Community Empowerment merupakan sebuah bisnis sosial yang bergerak dalam industri creative handicraft dengan program yang diinisiasi di Bantaran Kali Manggarai, Jakarta Selatan. Bisnis sosial yang memberdayakan ibu-ibu Manggarai yang awalnya tidak memiliki pekerjaan karena kurangnya keahlian dan pendidikan ini lahir dari semangat sembilan anak muda untuk membuat perubahan positif dalam masyarakat pada 18 Juli 2012. Saat ini tim inti Dreamdelion (Dreamers) berjumlah 31 orang yang menunjukkan semakin banyak anak muda yang memiliki visi sama untuk memajukan Indonesia melalui pengembangan bisnis sosial.

Pada lini bisnis, Dreamdelion membuat berbagai produk kerajinan tangan seperti tas, boneka, bando, bros, dan lain-lain. Konsumen yang telah memesan produk Dreamdelion yaitu UKM Center FEUI, Hotel Hilton Bandung, Indolicious Cafe, SPWI 2013, dan juga konsumen individu. Selain membuat berbagai produk dalam bentuk barang, Dreamdelion juga memberikan pelayananan jasa dimana Kandank Jurank Doank (KJD), Kemenakertrans, dan Indonesia Future Leader (IFL) merupakan beberapa institusi yang telah bekerjasama menyenggelarakan pelatihan kerajinan tangan.

Sementara itu, pada lini sosial Dreamdelion memiliki 3 program pengembangan masyarakat di Manggarai yaitu Manggarai Cerdas, Manggarai Sehat, dan Manggarai Berkarakter yang divisualisasikan dalam bentuk tokoh Dreamy, Sany, dan Aray. Dalam kerangka sosial kerjasama telah dijalin Dreamdelion dengan Indonesia Power, Greeners Megazine, Future Leader Anti Corruption (FLAC) Indonesia, dan melibatkan puluhan volunteers yang berasal dari berbagai universitas dalam ketiga kegiatan tersebut. Dreamdelion pun mendukung mahasiswa dalam hal penelitian dimana telah bekerjasama dengan mahasiswa/i dari Universitas Paramadina, Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dan Universitas Bakrie.

Beberapa penghargaan yang telah diraih oleh Dreamdelion adalah Youth Educators Award 2012, Young Change Maker Ashoka 2012, Top 3 Mandiri Bersama Mandiri 2012 kategori Start Up Creative Industry, dan The Most Innovative Business ELD Award 2012. Sebagaimana filosofinya, Dream (mimpi) dan Delion (bunga dandelion) yang ingin menyebarkan semangat berbagai melalui bisnis sosial, Dreamdelion berkomitmen untuk mengembangkan bisnis sosial ini tidak hanya sebatas di lingkungan Manggarai namun juga menyebar ke wilayah-wilayah lain setidaknya di Indonesia dalam jangka pendek ini (1-2 tahun). Oleh karena itu, Dreamdelion membuka kesempatan berkolaborasi dari rekan-rekan untuk ikut mengambil andil dalam penyelesaian permasalahan sosial melalui pengembangan bisnis sosial.


Twitter : @Dreamdelion
Fanpage : Dreamdelion Community Empowerment
Website : www.dreamdelion.com
CP : +6281380463463
+6281210311876